Cara Mengganti Dinamo Odong-odong yang Rusak

Banyak sekali ditemukan kasus di lapangan mengenai kejadian kerusakan dinamo odong-odong. Sebagai mesin penggerak utama tentunya dinamo odong-odong merupakan alat yang sangat vital bagi laju gerak odong-odong. Sedikit mengalami masalah saja, pastinya bisa menggangu operasional bisnis Anda.

Tidak sedikit kasus mengenai kerusakan odong-odong yang notebenenya merupakan kerusakan dinamonya. Jika memang Anda mengalami hal ini, Anda jangan dahulu khawatir. Tidak ada masalah yang tidak bisa diselesaikan di dunia ini, jadi jangan sampai kita frustasi.

Yang pertama-tama kita bahas adalah mengenai identifikasi penyebab kerusakan dinamo odong-odong tersebut. Berikut ini adalah beberapa hal yang menjadi sumber kerusakan dinamo odong-odong:

  1. Terkena air
  2. Beban terlalu besar
  3. Umur manfaat sudah habis
  4. Imbas dari adaptor yang konslet/terbakar

Bagi Anda yang merupakan pelaku odong-odong mungkin pernah atau akan mengalami hal serupa. Yang namanya barang elektronik, pastilah ringkih. Pengoperasionalan sangat berpengaruh terhadap tingkat keawetan dari barang elektronik yang kita miliki. Salah satunya adalah kegagalan operator dalam mengoperasikan odong-odongnya.

Pernah suatu kejadian sang operator odong-odong bingung mengapa odong-odongnya tidak berjalan padahal pada saat itu dia pun melihat dinamo odong-odong menyala dan kondisi ban sama sekali tidak berat. Kalau hal tersebut terjadi hal yang pertama harus Anda lakukan adalah dengan mematikan adaptor (kalau menggunakan adaptor) atau mematikan accu. Tidak berjalannya odong-odong bisa karena suatu sebab laju relnya terhalang oleh benda. Jika adaptor atau aki tidak dicabut, maka hal tersebut akan dapat berdampak bagi terbakarnya dinamo yang juga dapat mengakibatkan terbakar juga trafo pada adaptor.

Untuk dua jenis alat ini, membutuhkan penggantian yang tidak sedikit. Bahkan nilainya bisa lebih dari 2jt rupiah (harga pada saat tulisan ini dibuat).  Oleh sebab itu, harap berhati-hati terhadap kelalaian yang memang mungkin dapat terjadi dari operator odong-odong. Orang Inggris bijak berkata, “If anything can go wrong, it will go wrong”, yang artinya dalam bahasa Indonesia adalah jika suatu kejadian bisa terjadi kesalahan, maka kemungkinan kesalahan tersebut akan terjadi. Oleh sebab itu terlebih dahulu kita harus mempersiapkan formula untuk pencegahannya.

Mengenai dinamo yang menjadi konslet karena terkena air mungkin diantara pelaku odong-odong banyak yang menapis hal ini. Kenyataannya misalkan menjelang hari raya imlek biasanya hujan turun dalam frekuensi yang sering dan dengan kondisi yang cukup lebat. Pada waktu-waktu tersebut rawan yang namanya banjir dan genangan air. Dari genangan air tersebut biasanya bisa timbul cipratan-ciprata kecil yang mungkin tidak kita sadari mengenai dinamo odong-odong kita. Oleh sebab itu, pada saat kondisi sedang musim penghujan, harus dapat dipastikan bagian dari dinamo odong-odong terjaga dengan rapi. Jangan sampai ada satu lubang jarum pun air bisa masuk ke dalamnya.

Dalam kondisi operasional yang sedang ramai juga dapat terjadi ada anak-anak dengan tubuh yang besar yang mana berat badannya melebihi dari kapasitas mesin dinamo odong-odong. Hal tersebut tentunya dapat mengakibatkan kerja dinamo odong-odong semakin berat dan ekstra. Hal yang di luar dari kekuatannya pastinya akan menimbulkan efek yang tidak baik. Begitu juga dengan dinamo. Dengan dipaksa kerja ekstra tersebut, dinamo dapat rusak atau terbakar seketika itu juga.

Lain halnya kalau kita bicara bahwa dinamo tersebut sudah dijalankan kurang lebih, lebih dari satu atau dua tahun lamanya. Kalau memang selama ini kita sudah memacu odong2 kita untuk bekerja maksimal, pastinya dinamo tersebut memiliki umur manfaat. Atau yang biasa disebut dengan masa pakai. Secara umum masa pakai dari dinamo odong-odong khususnya buatan China adalah selama kurang lebih 3 tahun dengan kondisi normal. Dan masa pakai dinamo buatan Jepang atau Korea bisa lebih lama daripada buatan China tersebut. Tapi tentunya harganya berbeda. Kalau memang tidak ada kerusakan akibat beberapa poin yang sudah disebutkan di atas tadi, maka kemungkinan besarnya adalah karena normal masa pakainya sudah habis. Jika memang demikian, tentunya kita harus dapat memakluminya. Karena dari operasional odong-odong seharusnya kita sudah untung.

Cara mengganti dinamo odong-odong yang rusak

Jika kita sudah memahami hal apa saja yang menjadi penyebab kerusakan dinamo odong-odong, selanjutnya adalah bagaimana cara mengganti dinamo odong-odong yang rusak tersebut. Disini kami coba sharing sparepart dinamo dc ini tidak banyak ditemui pada bengkel-bengkel umum. Yang biasa menggunakan dinamo ini adalah orang-orang tertentu. Oleh sebab itu untuk mencari service dinamo dapat dikatakan lebih sulit ketimbang menggantinya.

Tapi Anda tidak usah khawatir dahulu, bahwasanya untuk mengganti dinamo odong-odong yang baru dengan membetulkan dinamo lama yang sudah rusak biayanya kurang lebih sama atau tidak jauh berbeda. Oleh sebab itu, lebih disarankan kepada Anda untuk mengganti dinamo saja.

Spesifikasi dinamo odong-odong itu bervariasi tergantung dari beban yang akan dimuat. Jika untuk kereta panggung misalnya, dengan rata-rata berat badan anak sebesar 25 kg, maka apabila ada 6 gerbong, berat yang ditanggung dinamo adalah sebesar 150 kg, yang mana belum termasuk dari berat mainannya. Jika rata-rata berat mainnya sebesar 10 kg maka kurang lebih beban yang harus ditarik oleh dinamo tersebut seberat 210 kg.

Untuk beban tersebut Anda harus menyiapkan setidaknya dinamo dengan kekuatan watt minimal sebesar 250w. Tentunya lebih besar maka lebih baik lagi. Tapi untuk persiapan dana apabila memang Anda ingin investasi dinamo yang lebih besar lagi, Anda harus mempersiapkan anggaran yang lebih besar khususnya untuk membeli dinamo itu sendiri, dan juga mempersiapkan rangkaian adaptor dengan trafo yang lebih besar juga.

Saat ini Anda bisa mencari dinamo odong-odong dengan mudah. Anda bisa melakukan belanja online untuk membeli barang ini. Sebagai informasi jika Anda ingin mencari dinamo odong-odong ini carilah dengan frase “motor dc”. Sejatinya orang salah kaprah mengenai penyebutan motor dengan dinamo. Motor disini bukan lah merupakan motor bebek sebagaimana yang banyak kita lihat di jalanan. Motor yang dimaksud adalah alat penggerak yang menggerakkan mesin. Untuk spesifikasi motor dc tersebut kembali lagi disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Untuk informasi lebih lanjut mengenai motor dc tersebut Anda bisa menghubungi pengrajin pembuat odong-odong atau dengan menghubungi kami pada kontak berikut:

Kereta Mini Indonesia
Kp. Pisangan RT08/04 No.13
Desa Satria Mekar
Tambun Utara
Bekasi – 17510
Tlpn. 021-29259585
Fax. 021-29259584
Hp. 08118408787

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *