Odong-odong berjalan pelan pada saat belokan, mengapa?

Berikut ini merupakan pertanyaan yang sering sekali ditanyakan oleh para konsumen mengenai permasalahan jalannya odong-odong yang melambat pada saat tikungan. Mengapa hal ini bisa terjadi?

Jika Anda mengalami hal seperti ini, jangan khawatir terlebih dahulu. Jika memang pada saat track lurus dinamo berjalan seperti sedia kala dan tidak ada masalah, maka hal itu berarti tidak ada masalah dari dinamo odong-odong Anda. Permasalahannya berada di luar dari komponen dinamo seperti track rel ataupun klaher yang bergeser.

Permasalahan yang diakibatkan track pada rel

Pada permasalahan ini biasanya yang terjadi adalah adanya cairan bekas oli ataupun cairan lainnya yang ada pada track rel. Dampak dari cairan tersebut adalah roda penggerak yang selip karena licin. Jadi hal yang harus Anda lakukan adalah dengan cukup mengelap bagian yang terdapat cairan pada rel tersebut saja. Jika perlu lakukanlah pencucian dengan menggunakan sabun colek supaya lebih kesat.

kereta panggung model karakter fiberglass
kereta panggung model karakter fiberglass

Settingan roda penggerak odong-odong itu macam-macam, tergantung dari pembuatnya. Ada yang menggunakan sistem satu roda gerak, ada juga yang menggunakan sistem 2 roda gerak. Masing-masing ada kelebihan dan kekurangannya. Pada sistem dengan 1 roda gerak kelebihannya adalah lebih fleksibel pada saat penggerakan rodanya, hanya kelemahannya jika terjadi licin pada track yang dilalui oleh roda tersebut maka sudah pasti akan terjadi selip. Hal ini bisa dihindari jika menggunakan sistem penggerak roda 2 sebalah kanan dan kiri.

Klaher atau bearing yang bergeser

Mengenai permasalahan ini sudah barang tentu solusinya adalah dengan melakukan pengetokan sehingga klaher kembali pada posisi semula. Pada beberapa kejadian adanya patah akibat dari ketokan yang terlalu keras tersebut. Jika itu terjadi maka perlu dilakukan pengelasan pada bagian yang patah tersebut. Jika klaher tersebut sampai mengganggu aktivitas jalan dari kereta biasanya karena terlalu mepet dengan rel. Jadinya menjadi seret.

klaher odong odong
klaher odong odong

Adapun pertanyaan lain yang juga ditanyakan adalah mengenai adanya api pada besi yang terdapat di tengah rel.

Percik Api yang keluar di tengah rel

Mengenai percik api yang keluar di tengah besi behel rel tersebut adalah karena terjadinya pengkaratan akibat korosi yang terjadi pada besi. Setiap hari perubahan suhu panas dan dingin sangat berpengaruh dalam proses pengkorosian besi. Apalagi pada saat musim hujan. Jika terdapat karat pada besi tersebut sudah barang tentu hal tersebut menjadi penghambat arus listrik yang akhirnya menimbulkan percikan api. Solusinya adalah dengan senantiasa mengamplas bagian besi yang menjadi penghantar listrik supaya tidak terdapat karat.

Semoga artikel tersebut dapat membantu Anda, silakan comment pada ruang diskusi di bawah ini. Informasi lebih lanjut mengenai permasalahan odong-odong lainnya, bisa anda kontak kami pada alamat berikut:
Kereta Mini Indonesia
Kp. Pisangan RT08/04 No.13
Desa Satria Mekar
Tambun Utara
Bekasi – 17510
Tlpn. 021-29259585
Fax. 021-29259584
Hp. 08118408787

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *